Cicero Pemikir Besar Hukum dan Negara

Ilustrasi gambaran dari seorang Cicero

Ilustrasi gambaran dari seorang Cicero Sumber Gambar
Membicarakan mengenai bangsa Romawi adalah suatu hal yang melekat dengan seorang pemikir besar tentang negara dan hukum, Cicero. Hidup pada tahun 106-43 SM, seorang ahli pidato, advokat dan kesustraan. Sebagai seseorang yang juga banyak belajar mengenai bagaimana para pemikir dan ahli negara Yunani membentuk pemikiran negara dan ketataannya, Cicero juga memiliki beberapa karya dalam bentuk buku yaitu De Republica yang artinya dengan Tentang Negara dan De Legibus yang berarti tentang hukum atau tentang undang-undang
Lukisan Ilustrasi Bagaimana Kaum Stoa Dahulu
Lukisan Ilustrasi Bagaimana Kaum Stoa Dahulu Sumber Gambar
  Negara menurut Cicero adalah merupakan suatu keharusan dan yang harus didasarkan atas ratio yang murni (azas-azas hukum alam kodrat) manusia. Atau hampir sama tujuannya dengan apa yang diajarkan oleh kaum Stoa. Menurut Cicero gabungan antara bentuk pemerintahan Monarki, Aristokrasi dan Republik adalah bentuk pemerintahan yang baik dan berlawanan dengan Demokrasi.


Hukum dan Negara
Foto palu dan neraca sebagai simbol hukum dan undang-undang

Foto palu dan neraca sebagai simbol hukum dan undang-undang Sumber Gambar
  Azas-azas hukum alam dan mengenai kodrat murni manusia atau disebut dengan ratio murni bagi Cicero adalah juga landasan bagi aturan hukum bernegara, hukum yang positif adalah ikatan bagi masyarakat dalam bernegara dan sedang keadilan, keadilan hanya dapat dicari melalui keperluan keadilan itu sendiri tanpa dicampuri hal pamrih dan ketentuan lainnya. Namun hukum alam dengan kesusilaan atau moral yang berdasarkan alam kodrat itu tidak dapat dipisahkan antara satu dan yang lain.



Referensi dan Sumber :

1. Cicero, De Republica. 106-43 SM

2. Cicero, De Legibus. 106-43 SM
Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads