KAUM MONARKOMAKEN. KAUM MONARKOMAKEN, Menentang ABSOLUTISME, Unsur REVOLUSIONER dan PARA TOKOH kaum REFORMASI dan kaum MONARKOMAKEN

Salah satu foto dari Demonstrasi anti Raja

Salah satu foto dari Demonstrasi anti Raja Sumber Gambar

Monarkomaken, kaum Monarkomaken ini sebelumnya sudah kita bahas pada bab-bab sebelumnya namun tidak terlalu jelas dan padat adanya pembahasan sebelumnya, maka disini saya akan mencoba membahas kaum ini dimana para tokohnya memiliki efek dan sejarah hingga pada era modern masa kini.
Istilah Monarkomaken adalah berarti anti raja atau menentang raja dalam artian umum. Namun pada masa Abad Pertengahan bukanlah bertujuan untuk menentang raja namun adalah ekses pada raja tersebutlah yang ditentang, karenanya adalah hal yang melekat pada para pemikir besar bahwa kaum ini adalah sebab ajaran-ajaran para pemikir besar negara dan hukum. Kaum ini ada karena keabsolutan kekuasaan daripada raja, dan adalah sebuah problema yang cukup rumit pada masa itu untuk memisahkan perihal terpenting dan tertinggi antara Negara, Raja, Agama dan Paus.
Tujuan dari kaum ini adalah membatasi kekuasaan raja yang bersifat absolut itu. Secara prinsipnya mereka tidak akan mencari atau meletakkan dasar baru pada sistem ketatanegaraan dan juga tidak menentang adanya kerajaan. Namun mencari dasar dan batas daripada kekuasaan raja itu, apa alasannya dan tindakan apa yang dapat dilakukan bila raja itu melampaui batas-batas tersebut.
Kaum ini dan para tokohnya membahas dan mengemukakan mengenai hubungan negara dengan Gereja dalam berbagai bentuk dan keadaan baru yang ditumbulkan oleh kaum-kaum Reformator dan Absolutisme. Sebagai contohnya adalah
Apakah raja itu berhak memerintah bertentangan dengan aturan-aturan Agama ?

Foto seseorang dan tanda tanya, ilustrasi.

Foto seseorang dan tanda tanya, ilustrasi Sumber Gambar
Setidak-tidaknya jawaban ini memiliki dua bentuk. Ya dan Tidak, jika jawabannya adalah IYA/YA maka orang/penjawab tersebut menyetujui bahwa timbulnya pemerintahan Tyranni, suatu kekuasaan Absolutisme. Dan bagaimana jika TIDAK, berarti orang/penjawab ini menyetujui bahwa ada unsur Revolusioner dalam kekuasaan duniawi.
Perjuangan melawan Absolutisme telah dimulai sejak jaman Calvin di Prancis pada tahun 1572, tanggal 24 Agustus yang dikenal sebagai Malam Bartholomeus dimana dilakukannya pembunuhan besar-besaran terhadap kaum Protestan oleh perintah penguasa Katholik.

Ilustrasi dari malam Bartholomeus

Ilustrasi dari malam Bartholomeus Sumber Gambar
Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads