EPICURUS, pencipta ajaran INDIVIDUALIS Melukisan Bagaimana Rupa Seorang Epicurus. Lukisan Bagaimana Rupa Seorang Epicurus

Lukisan Bagaimana Rupa Seorang Epicurus
Lukisan Bagaimana Rupa Seorang Epicurus Sumber Gambar
Ketidakabadian adalah milik manusia yang fana, belum ada yang mampu untuk menjelaskan ke universalitas dunia ini, secara lugas dan bijaksana. Seperti kebesaran Alexander Yang Agung-pun bisa jatuh, wafatnya beliau dan perpecahan negara Yunani menjadi bagian dari kerajaan Romawi.

Epicurus yang hidup tahun 342-271 SM adalah pencipta ajaran Individualisme yang menganggap bahwa elemen atau bagian yang terpenting bukanlah negara atau masyarakat, tetapi elemen atau bagian yang terpenting adalah individu itu sendiri sebagai anggota masyarakat. Adanya negara adalah untuk memenuhi kepentingan individu-individu itu sendiri. Oleh karena masyarakat terdiri dari individu-individu sebagai atoom dan individu- individu inilah sebagai bagian terpenting, maka ajaran Epicurus tentang sifat susunan masyarakat atau negara disebut ajaran atoomisme. Atau dengan sederhanannya adalah berlawanan dengan ajaran Aristoteles.
Foto suatu kota yang indah

Foto suatu kota yang indah Sumber Gambar
Menurut Epicurus negara adalah merupakan hasil daripada perbuatan manusia, yang diciptakan untuk menyelenggarakan kepentingan anggota-anggotanya. Dan pada hakekatnya negara adalah merupakan alat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.


Tujuan Negara menurut Epicurus adalah menyelenggarakan ketertiban dan keamanan, dan untuk terselenggaranya hal tersebut maka orang harus menundukkan diri kepada pemerintah yang bagaimananpun bentuk dan sifatnya. Maka tujuan negara selain menyelenggarakan ketertiban dan keamanan, yang terpenting adalah menyelenggarakan kepentingan perseorangan.
Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads