Zeno, guru dari kaum Stoa. Pengajar Universalisme/Universalistis

Lukisan Ilustrasi Bagaimana Kaum Stoa Dahulu
Lukisan Ilustrasi Bagaimana Kaum Stoa Dahulu 
Stoa atau juga dikenal sebagai lorong-lorong adalah nama dari kaum yang di beri pelajaran oleh Zeno, berbeda dengan Aristoteles yang disebut sebagai madzab filsafatnya dinamakan Peripatesis karena kebiasaannya memberikan pelajaran berjalan kesana-kemari.

Lukisan Bagaimana Seorang Zeno Mengajarkan Ajarannya Di Lorong/Stoa

Lukisan Bagaimana Seorang Zeno Mengajarkan Ajarannya Di Lorong/Stoa Sumber Gambar
  Zeno, adalah seorang dengan ajarannya universalistis dan universalismenya itu tidak hanya meliputi bangsa Yunani saja seperti beberapa pendahulunya, sebut saja Aristoteles, pengajaran Zeno meliputi seluruh manusia dan bersifat kejiwaan, seluruh kemanusiaan, oleh karena itu lenyaplah perbedaan antara orang Yunani dengan orang biadab, antara orang yang merdeka dengan budak, dan kemudian timbullah moral yang memungkinkan terbentuknya kerajaan dunia, dimana setiap orang mempunyai kedudukan yang sama sebagai warga dunia. Karena itu oleh kaum Stoa orang-orang yang hidup di dalam masyarakat itu digambarkan sebagai suatu kesatuan dan yang bersifat abstrak, maka inilah yang memungkinkan terciptanya persatuan umat manusia itu. Hukum yang berlaku adalah Hukum Alam, Hukum ini sifatnya adalah abadi dan tidak berubah-ubah. Hukum Alam ini adalah akal kita, yang memungkinkan kita dapat mengetahui segala hal. Dan inilah yang memberi kemungkinan kepada manusia membentuk negara dunia.


Kemajemukan ajaran Zeno, kaum Stoa

Lukisan Manusia Jaman Dahulu Yang Saling Berdampingan

Lukisan Manusia Jaman Dahulu Yang Saling Berdampingan
  Sumber Gambar


Di satu pihak menggambarkan manusia yang merasa kosong di dalam masyarakat yang sedang mengalami kebobrokan, dalam arti kebobrokan sosial-etis, sedang pada pihak lain kaum ini menunjukkan pula jalan keluar dari kebobrokan masyarakat serta keruntuhan negara ini dengan syarat etis-minimum.


Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads