ILMU NEGARA, Mengenai Asal Mula Negara, Hakekat dan Bentuk Negara

Gambar Peta Seluruh Dunia dan Negara-Negara di Dunia
Gambar Peta Dunia dan Negara-Negara di Dunia Sumber Gambar
Tulisan pertama pada situs ini, banyak versi dari kita yang mampu menggambarkan apa itu sebuah negara, Apa itu sebuah negara ? Bisa jadi sekumpulan wilayah, bisa jadi sekumpulan orang dan bisa jadi suatu pemerintahan. Namun apakah yang benar-benar dimaksud dengan Negara ? disini saya akan memaparkan ketiga hal mengenai asal mula negara, hakekat dan bentuknya.

Salah satu foto para pejuang kemerdekaan Indonesia tahun 45
Salah satu foto para pejuang kemerdekaan Indonesia tahun 45 Sumber Gambar
1. Asal mula sebuah negara yang saya bahas tidaklah seperti halnya bagaimana sebuah negara Indonesia terbentuk, siapa dan apa cara-cara yang dilakukan warga Indonesia terdahulu namun bagaimana terbentuknya dan terjadinya sebuah negara. Negara adalah sebuah bentuk pola pikir, sebuah bayangan, sebuah idea tentang sesuatu dan sesuatu yang menjadi dasar pikiran kita dan dalam banyangan itu adalah sesuatu yang disebut negara.
Gambar Pancasila sebagai Ideologi Indonesia

2. Hakekat Negara, jika Negara yang sudah saya paparkan sebelumnya adalah sebuah idea maka hakekatnya adalah suatu tempat dan wadah yang menampung seluruh dan keseluruhan dari idea tersebut.

Peta Indonesia dan batas-batas wilayah yang dimiliki Indonesia

Peta Indonesia dan batas-batas wilayah yang dimiliki Indonesia Sumber Gambar
3. Bentuk Negara, anda sudah membaca tentang penjelasan saya tentang adanya idea atau pemikiran lalu adanya wadah dan secara analogi kita perumpamakan air dan wadah maka ada bentuk yang diwujudkan. Bagaimanakah bentuk dari air tersebut tentunya bergantung terhadap wadahnya dan bagaimana wadah tersebut menerima idea tergantung apakah idea itu kasar, halus, cair, padat dan sebagainya.

Hal tersebutlah yang menjadi asal-usul pembentukan negara, faktor penting dari bentuk-bentuk pemikiran kita, kemajemukan dari idea.
Foto dari seorang Georg Jellinek
Foto dari seorang Georg Jellinek Sumber Gambar
Seorang Sarjana Jerman Georg Jellinek dalam bukunya Algemeine Staatslehre beliau membuat suatu sistematik Ilmu Negara, yaitu :

Algemeine Staatslehre dibagi atas :
1. Algemeine Soziale Staatslehre
Menyelidiki negara sebagai gejala sosial dan disamakan dengan perkumpulan-perkumpulan sosial.
2. Algemeine Staatsrechtslehre
Menyelidiki negara dari segi Yuridis

Besondere Staatslehre dibagi atas :
1. Individuelle Staatslehre
Penyelidikan terhadap negara tertentu misalnya negara Jepang, Malaysia, China dll. Lalu dipelajari bentuk-bentuk pemerintahannya, badan-badan dalam pemerintahannya dan lain sebagainya.
2. Spezielle Staatslehre
Penyelidikan terhadap negara dalam pengertian umum lalu dari pengertian umum ini ke arah pengertian khusus, spesial dan lebih mendalam lagi.

Anda dapat memberikan sanggahan, komentar, kritik dan saran pada tulisan saya yang pertama ini. Saya selalu terbuka dengan pemikiran-pemikiran baru dan juga ide-ide baru. Salam damai sejahtera untuk kita .

Sumber dan Referensi :
1. Georg Jellinek. Algemeine Staatslehre
Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads