Benedictus de Spinoza tentang Manusia dan Hukum Alam. Pemikiran mengenai Tugas Negara, Kekuasaan Negara dan Bentuk Negara


https://www.utm.edu/research/iep-wp/wp-content/media/spinoza.jpg
Foto dari Benedictus de Spinoza
manusia itu, baik waktu masih dalam keadaan alamiah, maupun sudah bernegara, perbuatannya tidak semata-mata berpedoman atau di dasarkan pada rasio saja, akan tetapi sebagian besar dari perbuatan manusia itu dipengaruhi oleh hawa nafsunya. Malahan inilah yang memberi corak pada perbuatan manusia.”

Hal diatas adalah apa yang dikatakan seorang Spinoza tentang bagaimana manusia itu dalam keadaan alam sewajarnya. Spinoza juga menyatakan bahwa hukum alam itu bukan suatu Sollen akan tetapi melainkan merupakan suatu Sein.

Lebih jauh mengenai Benedictus de Spinoza adalah seorang sarjana dari negeri Belanda yang hidup pada tahun 1632 hingga 1677 dan penulis buku berjudul : Etika dan Traktat Teologis Politik .

Manusia dan Hukum Alam
https://steemitimages.com/640x0/https://img.esteem.ws/ecmorucm41.jpg
Foto seorang anak dengan alam yang damai
Jika suatu perbuatan manusia hanya didasarkan pada rasio saja maka hal ini tidak akan memberikan kepuasan. Oleh karena manusia adalah makhluk sosial maka manusia membutuhkan perdamaian. Dan bila seorang manusia hanya didasarkan pada nafsunya saja maka juga tidak akan memberikan kepuasan seperti dalam keadaan alamiah. Sifat-sifat kodrat manusia seperti ini tidak akan dapat dilepaskan meskipun manusia itu kini telah bernegara atau hidup dalam negara. Dalam hal ini dijelaskan oleh Spinoza bahwa dalam keadaan alamiah manusia itu memang hidup dengan segala hawa nafsunya, tetapi hal ini tidak memberikan kepuasan, karena sebagai makhluk sosial manusia itu ingin hidup dengan damai, aman, tentram dan tanpa ketakutan. Untuk mencapai tujuan inilah maka manusia membentuk negara.

Tugas Negara, Kekuasaan Negara dan Bentuk Negara
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjf5uS46u3fAhXGTX0KHbQPC8sQjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Fjadiberita.com%2F105377%2Fkisah-unik-5-negara-kurang-dikenal-dunia.html&psig=AOvVaw0ZVJ6q7PonInW4xL7LGv0E&ust=1547574497393164
Negara-negara di dunia
Tugas Negara menurut Spinoza aalah menyelenggarakan perdamaian, ketentraman dan ketakutan. Maka untuk mencapai hal ini warga negara harus mentaati segala peraturan dan undang-undang negara, ia tidak boleh membantah, meskipun peraturan atau undang-undang negara itu sifatnya tidak adil dan merugikan. Sebab jika tidak demikian, maka keadaan alamiah akan timbul kembali. Atau dengan kata lain kekuasaan negara mutlak ada pada warga negaranya.
Hanya dua hal saja yang tidak dapat dikuasai negara secara mutlak menurut Benedictus de Spinoza, yaitu adalah kemampuan berfikir dan menimbang, dan akibatnya adalah sebagaian warga negara tidak mau tunduk, tidak mau taat dan negara tidak dapat berbuat apa-apa. 
 
Mengenai bentuk negara yang dipilih oleh seorang Benedictus de Spinoza adalah bentuk negara Aristokrasi dan menolak Monarki.

Referensi dan Sumber :
Benedictus de Spinoza Etika
Benedictus de Spinoza Traktat Teologis Politik

Bagikan:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan santun dan kaidah yang berlaku

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads